Contoh Teks Berita Singkat (Contoh, Naskah dan Penjelasan)

Contoh Naskah Berita Singkat (Contoh, Naskah dan Penjelasan) - Contoh naskah berita atau teks berita singkat yang mengandung unsur 5W dan 1H merupakan kelanjutan materi pada artikel sebelumnya tentang pengertian, struktur, dan ciri-ciri teks berita yang sebelumnya telah kita bahas secara mendalam. maka kali ini kita akan membahas tentang contoh teks atau naskah berita. Jika kita ingat kembali teks berita adalah suatu teks yang berisikan informasi mengenai sebuah kejadian atau suatu hal yang terjadi dan menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat. Penyajian berita biasanya disampaikan melalui koran, siaran televisi, radio maupun majalah.

Contoh naskah berita haruslah mengandung unsur pertanyaan yang mengacu pada 5W dan 1H yakni: Who, what, why, where, which, dan how yang dalam bahasa indonesia memiliki arti siapa, apa, bagaimana, dimana, bilamana, dan mengapa.

Mungkin sebagian dari kita bertanya-tanya kenapa contoh teks berita dan naskah berita harus mengandung unsur 5W dan 1H? Teks berita haruslah mengandung unsur 5W dan 1H bertujuan agar informasi yang disampaikan sesuai dengan kaidah struktur kebahasaan dalam penyampaian sebuah berita. Penggunaan 5W dan 1H berfungsi agar naskah berita atau teks berita yang disampaikan memiliki cukup informasi dan tidak menibulkan kesalahpahaman pada pendengarnya.

Contoh Teks Berita Singkat (Naskah Berita Singkat)

contoh teks berita singkat
Nah setelah kita membaca sedikit penjelasan mengenai apa itu teks berita, maka sekarang saatnya kita menyimak contoh teks berita atau naskah berita dibawah ini. Berita yang bagus tentunya memiliki struktur dan sususan agar mudah dipahami mulai dari pembukaan, inti berita dan penutup harus sesuai dan berpadu menjadi satu-kesatuan.
Baca Juga : Pengertian, Ciri-ciri, Struktur Teks Berita Lengkap
Contoh Naskah Berita Mina

Pembukaan :
Selamat siang para pemirsa setia, Saya akan menyampaikan berita paling hangat dan teraktual hari ini. Bersama saya nining di sekilas info. Pada kamis, 24 september 2015 lalu, terjadi sebuah tragedi di kota Mina.Yang disebabkan para jemaah haji yang terlalu banyak sehingga mereka berdesak-desakkan saat berada di kota Mina dan mengakibatkan jemaah yang lainnya terinjak-injak. Pemerintah masih berupaya untuk terus menelusuri jamaah Indonesia yang menjadi korban Mina, berikut liputannya.

Isi :
Kejadian di kota Mina membuat keluarga para jema'ah Haji Indonesia menjadi cemas. Pasalnya belum diketahui nasib rombongan haji yang terpisah. Pemerintah terus berupaya menelusuri semua Rumah Sakit di kota Mekkah. Data terakhir menunjukkan sebanyak 860 jemaah haji dari semua negara termasuk dari Indonesia meningal dunia. Aryad Hidayat memberi penegasan bahwa sebanyak 35 jenazah berhasil teridentifikasi sedangkan ada 90 jamaah masih belum kembali ke pemondokkan. Jenazah yang sudah teridentifikasi masih disimpan dalam trailer pendingin guna menjaga kondisi jenazah.
Baca Juga : Jenis dan Pengertian Teks Dalam Bahasa Indonesia
Penutup :
Itulah sementara berita yang dapat saya sampaikan. Sekilas info akan kembali dalam 60 menit berikutnya untuk memberikan berita dan perkembangan terbaru lainnya. saya nining mengucpkan banyak terimakasih.

Umumnya berita yang mengandung kaidah kebahasaan memang mengundang kontroversi karena beberapa stasiun tv seperti yang kita ketahui bertujuan menarik minat pendengar untuk mendengaran berita. Sebagai seorang pendengar didalam memilih berita kita juga harus pndai memilih dan memilah mana berita yang benar dan tidak langsung mempercayai sebuah berita tanpa sumber yang jelas.

Itulah teks berita singkat yang dapat dikutip dari liputan 6 petang pada 2015 silam. Perlu diingat bahwa naskah berita yang disampaikan haruslah mengandung kaidah 5w dan 1h dan unsur berita tersebut harus dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. terimakasih

Ikuti kami untuk mendapatkan materi terbaru:

2 Responses to "Contoh Teks Berita Singkat (Contoh, Naskah dan Penjelasan)"

  1. Replies
    1. iya gan. karena kebanyakan berita memang bersifat kontra sama pendidikan. :D

      Delete

Yuk berikan komentarmu tentang artikel ini