5 Faktor Penyebab Keberagaman Masyarakat Indonesia

Faktor Penyebab Keberagaman Masyarakat Indonesia - Faktor yang menyebabkan keberagaman masyarakat di  Indonesia pada dasarnya sangat beragam. Keberagaman masyarakat dapat kita amati disekeliling kita mulai dari lingkungan rumah, sekolah, dan lain sebagainya yang mencakup suku, ras, agama, budaya dan gender. Sejatinya Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki 34 provinsi dan ratusan pulau berpenghuni tersebar di indonesia. Dengan angka ini sangat mungkin terjadi keberagaman masyarakat di Indonesia.

Keberagaan masyarakat sendiri merupakan kondisi dimana didalam sebuah masyarakat terdapat banyak perbedaan baik dari segi ras, agama, suku bangsa, ekonomi, budaya dan lain sebagainya. Namun dari keragaman masyarakat di indonesia inilah alasan kita menganut semboyan bhineka tunggal ika yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu. Semboyan bhineka tunggal ika sendiri memiliki makna bahwa meskipun bangsa Indonesia terbentuk dari keragaman masyarakat namun semua keberagaman tersebut melebur menjadi satu menjadi Indonesia.

Faktor penyebab keragaman masyarakat indonesia pada dasarnya dapat kita temui dalam pelajaran pendidikan kewarga negaraan baik di jenjang SMP maupun SMA sederajat. Penyebab keberagaman masyarakat Indonesia sendiri dapat berasal dari beberapa faktor seperti letak geografis, perbedaan kondisi alam dan lingkungan, banyaknya pulau dan sebagainya.

Faktor Penyebab Keberagaman Masyarakat Indonesia

Keberagaman masyarakat merupakan sesuatu yang lumrah terjadi di berbagai negara. Di indoensia sendiri keberagaman dianggap indah oleh masyarakat karena ibarat kebun bunga, akan lebih indah jika terdapat beragam jenis dan warna bunga yang menghiasi kebun tersebut. Namun sebagian orang juga menganggap keberagaman merupakan sebuah ancaman yang dapat memecah belah negara Indonesia. Dengan keragaman dan banyaknya suku bangsa dapat menjadi ancaman jika terjadi kesalahpahaman atau terjadi hasutan dari pihak luar. Seperti halnya sewakti perang sampit yang melibatkan melibatkan suku dayak dan madura.

Menurut saya sendiri, keberagaman masyarakat yang terjadi di indonesia merupakan sebuah tantangan yang harus dihadapi karena tidak dapat dipungkiri bahwa negara indonesia merupakan negara kepulauan yang terbentuk dari banyak suku bangsa yang berbeda beda. Salah satu cara untuk menghadapi tantangan tersebut adalah dengan hidup rukun dalam keberagaman dan saling menghormati antar suku bangsa maupun umat beragama. Jika tantangan tersebut dapat dilalui maka tidak menutup kemungkinan Indonesia akan menjadi negara maju yang damai dan penuh tolenranasi.

Keberagaman masyarakat indonesia sendiri dipengaruhi oleh beberapa faktor utama. Berikut adalah faktor yang menyebabkan keberagaman masyarakat di Indonesia.

Indonesia Adalah Negara Kepulauan
Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, Negara indonesia merupakan sebuah negara kepulauan yang memiliki ribuan pulau yang terpisah. Dengan keadaan ini tentunya akan menimbulkan kesenjangan komunikasi antar penduduk pulau satu dan lainnya. Setiap penduduk pulau tertentu akan menganut kebudayaan, agama, dan bahasa yang berada di pulau tersebut. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya keberagaman masyarakat di indonesia.

Letak yang Strategis
Indonesia terletak di antara dua samudera yakni samudera samudera pasifik dan samudera hindia, disamping itu indonesia juga diapit oleh dua benua yakni asia dan australia. Indonesia jjuga dikatakan memiliki letak geografis yang strategis karena dilintasi oleh jalur perdanganan internasional, Ini sangat mempengaruhi kebudayaan dan keberagaman masyarakat karena perdagangan tidak hanya memberikan komoditas dagang saja melainkan juga memberikan pengaruh agama dan kebudayaan lar kepada masyarakat Indonesia. Disamping itu tidak sedikit pula imigran yang berbeda ras, agama, budaya dan bangsa tinggal dan menetap di Indonesia yang menyebabkan terjadinya keberagaman masyarakat.

Perbedaan keadaan alam
Kondisi dan keadaan alam tiap daerah dan tiap pulau di Indonesua berbeda-beda. Seperti masyarakat pesisir pantai, dataran tinggi, pegunungan, dan lembah akan memiliki perbedaan dalam kehidupan mereka karena masyarakat tersebut menyesuaikan kondisi alam yang terjadi disekitar mereka. Perbedaan ini mencakup berbagai aspek mulai dari ekonomi, mata pencaharian, budaya, dan lain sebagainya.

Sarana dan Prasarana
Sarana dan prasaranan yang dimaksut disini adalah transportasi yang ada disetiap pulau. Transportasi merupakan suatu hal yang penting karena dapat menunjang komunikasi antar daerah dan antar pulau. Umumnya transportasi setiap daerah akan berbeda antara satu dengan yang lainnya. Transportasi sendiri dapat menggambarkan tingkat kemajuan suatu daerah. Faktor inilah yang nantinya dapat menjadi penyebab keberagaman masyarakat di indonesia.

Perubahan dan Kemajuan
Perubahan dan kemajuan merupakan parameter suatu negara dapat dikatakan maju atau berkembang. Umumnya tingkat perubahan dan kemajuan di setiap daerah akan berbeda-beda tergantung pada masyarakat disetiap daerah tersebut apakah dapat menerima perubahan yang baru tersebut atau tidak. Sikap dan tanggapan masyarakat inilah yang dapat menyebabkan keberagaman yang terjadi di indonesia.

Faktor penyebab keberagaman masyarakat Indonesia bukanlah suatu hal untuk ditakuti namun ini merupakan suatu tantangan yang harus dihadapi. Pada dasarnya perbedaan atau keragaman inilah yang dapat menjadi senjata kita untuk melawan gempuran ancaman dari luar asalkan masyarakat itu sendiri dapat hidup rukun saling menghormati dan bertoleransi.

Ikuti kami untuk mendapatkan materi terbaru:

0 Response to "5 Faktor Penyebab Keberagaman Masyarakat Indonesia "

Post a Comment

Yuk berikan komentarmu tentang artikel ini