10 Contoh Percakapan Singkat Bahasa Indonesia Tentang Pendidikan, Jual Beli, dan Liburan

Contoh Percakapan Bahasa Indonesia Tentang Pendidikan, Jual Beli, dan Liburan - Dialog atau percakapan merupakan materi dasar yang harus dikuiasai oleh siswa. Contoh percakapan termasuk kedalam materi bahasa indonesia dan umum ditemui di kelas VII sekolah menengah pertama hingga kelas XI Sekolah menengah atas. Penggunaan contoh percakapan tidak lain dan tidak bukan adalalah untuk mengasah kemampuan siswa dalam melakukan dialog percakapan. Dialog percakapan senirit terdiri dari percakapan 2 orang, 4 orang, 6 orang dan lain sebagainya yang menyesuaikan jumlah orang dalam dialog tersebut. Contoh percakapan umumnya memiliki tema tentang liburan, pendidikan, jual beli, dan lingkungan.

Pada dasarnya anda dapat membuat contoh percakapan 2 orang tentang pendidikan, jual beli, dan liburan dengan sangat mudah karena percakapan sudah menjadi bagian dari hidup kita. Dalam kehidupan manusia setiap orang tidak mungkin terlepas dari dialog atau percakapan baik itu dilakukan hanya 2 orang saja maupun beramai-ramai. Sebagai contoh saat anda berdialog dengan teman anda membahas seputar gadged, game, liburan dan sebagainya sudah termasuk kedalam percakapan.

Hal yang mendasari atau menjadi faktor sebuah percakapan adalah adanya partisipan, tema, pebicaraan atau dialog dan hasil percakapan. Tanpa hal tersebut maka pembicaraan tidak akan bisa dinamakan percakapan.

Contoh Percakapan Singkat Bahasa Indonesia

Pada dasarnya untuk membuat sebuah percakapan singkat sangat mudah karena sebenarnya tanpa kita sadari percakapan singkat merupakan bagian dari kehidupan kita. Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang contoh percakapan singkat yang dilakukan oleh 2 orang. Contoh percakapan dibawah ini dapat anda modifikasi sesuai dengan kebutuhan anda.

Contoh Percakapan Singkat Tentang Pendidikan

Mengerjakan PR
Bilal: Rani?, PR bahasa Indonesia punyamu sudah kamu kerjakan apa belum?
Rani: Emm. Belum. Kamu sudah belum?
Bilal: Sama aku juga belum nih.
Rani: Kalo gitu, mau enggak kamu belajar kelompok dirumahku nanti malam sehabis makan, kita kerjain bareng?
Bilal: Boleh juga ran, nanti kita kerjain bareng. Aku dateng sekitar jam 7 nanti.
Rani: Okke aku tunggu ya.

Menuju Perpustakaan
Rara: Nissa, Yuk kita ke kantin!.
Anissa: Emm aku tidak punya uang saku, aku ke perpustakaan aja deh.
Rara: Oh, enggak papa kok, biar aku nanti yang bayar oke?.
Anissa: Terimakasih tapi aku lebih pengen baca buku di perpustakaan aja kok.
Rara: Oke, tapi aku ikut kamu ke perpustakaan aja deh kalo gitu.

Tidak Masuk Sekolah
Zizah: Lind? ratih mana?
Linda: Kayaknya nggak berangkat deh.
Zizah: Kira-kira nggak berangkat karena apa ya?
Linda: Emm keamarin aku tanya ratih katanya sakit zah. apa mungkin ya sekarang dia masih sakit?
Zizah: Wah bisa jadi itu. Gini aja, nanti kita kerumahnya yuk nengokin dia.
Linda: Ayuk

Selain contoh percakapan singkat 2 orang yang membahas tentang pendidikan di atas. Masih terdapat beberapa contoh percakapan singkat yang membahas jual beli, dan liburan dibawah ini

Contoh Percakapan Singkat Tentang Jual Beli

Tawar menawar
Ibu: Bu, tolong ambilkan baju warna biru disitu.
Penjual: Baik bu, tunggu sebentar.
Ibu: Wah bagus ya bahanny.
Penjual: Iya bu itu kualitasnya bagus karena didatangkan langsung dari jakarta.
Ibu: Berapa harganya bu?
Penjual: Rp.70.000,- saja bu.
Ibu: Wah kemahalan bu, bisa kurang nggak?
Penjual: Maaf bu, itu sudah murah karena saya ambil labanya cuma sedikit.
Ibu: Rp.65.000,- deh bu kalo boleh.
Penjual: Baik bu, saya bungkuskan dulu.

Beli Bakso
Tukang Bakso: Bakso, Bakso (sambil memukul kentongan kecil)
Andi: Pak baksonya pak.
Tukang Bakso: Iya dek.
Andi: Baksonya 2 mangkuk pak, yang satu pedes yang satu enggak.
Tukang Bakso: Bentar ya dek, saya buatkan dulu.
Andi: Bapak jualan disini setiap hari ya pak?
Tukang Bakso: Iya dek, adek baru pindahan ya? soalnya kok bapak lihat masih asing.
Andi: Iya pak, papa mama baru pindahan kemarin pak.
Tukang Bakso: Oh, nama bapak pak ahmad. Kalo adek laper bisa beli bakso saya dek, soalnya saya tiap malam keliling komplek ini.

Menjual Hasil Karya
Siswa: Selamat siang pak? saya siswa dari SMK Tunas Bangsa. Saya mau menjual beberapa kerajinan karya saya pak. Silahkan dilihat-lihat dulu barangkali bapak tertarik.
Pak rahmat: yang dijual apa aja dek?
Siswa: Ini pak, hasil kerajinan kelompok saya pak. Ada tas rajut, Sepatu kayu, Miniatur rumah, dll.
Pak rahmat: Wah kelompok apa dek? kok pada kreatif banget.
Siswa: Iya pak, jadi ini salah satu tugas kewirausahaan. Kelas saya dibagi beberapa kelompok 2 orang dan 4 orang untuk membuat kerajinan tangan yang nanti mau dijual.
Pak rahmat: Owalah kewirausahaan. Oke deh, saya ambil miniatur rumahnya saja ya? berapa harganya?

Contoh Percakapan Singkat Tentang Liburan

Liburan Semester
Andi: Halo ngga, lama nih nggak ketemu? gimana kabarnya?
Angga: Baik ndi, kamu sendiri gimana? wah udah 2 minggu ya nggak ketemu.
Andi: Aku juga baik. Iya nih, 2 minggu kemarin kamu kemana aja?
Angga: Aku cuma liburan biasa ndi, kepantai jogja.
Andi: Wah bagus tuh, pasti pemandangannya indah deh.
Angga: Iya ndi, Apa lagi pas matahari terbenam, semuanya serba jingga. Eh kamu 2 minggu kemarin ngapain aja?
Andi: Aku juga liburan. Ke puncak bogor. hehehe.

Rencana Liburan
Raka: Dim, Bentar lagi udah libur akhir semester nih. Kamu mau kemana liburan nanti?
Dimas: Kemana ya? Ah paling ke rumah kakek nenek aja kok. Lha kamu sendiri ada acara kemana liburan nanti?
Raka: Aku malah belum punya rencana. Eh gimana kalo Akhir liburan nanti kita muncak aja gimana?
Dimas: Wah boleh juga tuh.
Raka: Kita muncaknya nunggu kamu habis pulang aja.
Dimas: Sipp. Tumben rencanamu bagus. heheh.

Itulah beberapa contoh percakaan singkat 2 orang tentang pendidikan, jual beli, dan liburan yang dapat saya sampaikan. Pada dasarnya anda dapat membuat contoh ppercakapan singkat sendiri bedasarkan keseharian dan aktivitas anda. Untuk membuat contoh percakapan singkat sendiri tidaklah sulit, yang perlu anda lakukan pertama kali adalah menentukan tema, lalu menyusun kalimat sesuai tema tersebut.

Ikuti kami untuk mendapatkan materi terbaru:

0 Response to "10 Contoh Percakapan Singkat Bahasa Indonesia Tentang Pendidikan, Jual Beli, dan Liburan"

Post a Comment

Yuk berikan komentarmu tentang artikel ini