Dialog Interaktif: Pengertian, Unsur Unsur, dan Contoh Dialog Interaktif

Dialog Interaktif: Pengertian, Unsur Unsur, dan Contoh Dialog Interaktif - Dialog interaktif merupakan materi yang umum dijumpai di bangku smp maupun sma dan sangat sering kita temukan di berbagai media seperti tv dan radio. Umumnya dialog interaktif ini dapat kita temukan dalam berita pagi maupun acara talkshow yang notabennya memang menyuguhkan penontonya dengan dialog dialog interaktif disertai dengan debat maupun diskusi.

Contoh dialog interaktif singkat di tv biasanya dapat dengan mudah kita temukan ketika terdapat sebuah topik bahasan yang masih hangat dan banyak diperbincangkan di kalangan masyarakat seperti contoh dialog interaktif tentang pendidikan, politik, ekonomi dan lain sebagainya. Para pelaku dialog di sebuah acara biasanya merupakan para ahli atau pakar yang memang sudah handal di bidangnya. Selanjutnya para ahli ini akan dipertemukan dalam sebuah acara untuk melakukan dialog interaktif dengan sebuah topik bahasan tertentu.
Dialog Interaktif
Dalam mengidentifikasi dialog interaktif juga tidaklah mudah karena dialog ini memiliki ciri ciri dan unsur unsur. Untuk memahami isi dialog interaktif di tv kita juga harus memperhatikan beberapa faktor dan unsur seperti tema dialog, narasumber, pendapat pendapat dari narasumber, dan lain sebagainya. Umumnya dialog ini juga akan berpedoman pada kaidah 5W1H yang notabennya mengungkapkan informasi secara detail.

Dialog Interaktif: Pengertian, Unsur Unsur, dan Contoh Dialog Interaktif

Dalam artikel kali ini kita akan mempelajari dialog interaktif secara detail yang meliputi pengertian dialog interaktif, unsur unsur dialog interaktif dan contoh dialog interaktif di tv singkat terbaru. Pada dasarnya dialog interaktif sangat mudah untuk diidentifikasi karena dalam adegan dialog tidak dilakukan secara langsung melainkan melalui media tertentu seperti telefon dan tv, untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasannya dibawah ini:

Pengertian Dialog Interaktif

Pengertian dialog interaktif pada dasarnya tetap mengacu pada pengertian dialog secara umum, dialog secara umum adalah kegiatan berbincang bincang maupun berbicara terarah yang melibatkan beberapa orang dengan maksud dan tujuan tertentu. Sedangkan pengertian dialog interaktif adalah sebuah dialog yang membahas topik tertentu yang hangat diperbincangkan di kalangan masyarakat. Dialog interaktif sendiri dilakukan antara seorang narasumber di tv atau radio dengan penonton (pemirsa).

Sama seperti yang telah saya sampaikan di atas bahwa dialog interaktif terjadi ketika terjadi sebuah percakapan yang menggunakan media sebagai perantaranya. Sama halnya ketika kita melihat televisi pada acara talkshow, kemudian di sesi tanya jawab terdapat seorang penonton yang menelepon atau live video untuk menanyakan sebuah pertanyaan kepada narasumber. Percakapan yang terjadi antara narasumber dengan penonton ini secara tidak langsung telah menjadi sebuah contoh dialog interaktif di tv.

Unsur Unsur Dialog Interaktif

Sama seperti sebuah berita di tv, sebuah dialog interaktif juga memiliki unsur unsur atau kaidah yang berpedoman pada 5W1H. Unsur unsur dialog interaktif ini tersusun dari:
  1. Who : Siapa saja yang terlibat dalam dialog tersebut?
  2. What : Apa yang sedang dibicarakan dalam dialog?
  3. When : Kapan dialog itu dilaksanakan?
  4. Where : Dimanakah dialog itu dilaksanakan?
  5. Why : Mengapa dialog itu dilaksanakan?
  6. How : Bagaimana proses (jalannya) dialog tersebut?
Jika kita amati sebuah dialog interaktif tentunya tidak akan menemukan unsur unsur tersebut karena pada dasarnya unsur unsur dialog interaktif tersebut termasuk kedalam unsur intrinsik sebuah dialog (unsur diluar dialog).

Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Dialog Interaktif

Dalam menonton dialog interaktif di sebuah acara tv, kita harus memperhatikan beberapa faktor secara seksama. Hal ini disebabkan karena beberapa hal inilah yang nantinya mempengaruhi topik, alur dialog dan kesimpulan dialog interaktif tersebut. Adapun hal dan faktor yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut:
  1. Tema dialog : Tema dialog dalam sebuah dialog interaktif menjadi sebuah pokok bahasan utama karena tanpa memperhatikan tema dialog, maka kita tidak akan tau tentang hal apa yang sedang diperbincangkan.
  2. Narasumber : Selain tema, narasumber merupakan hal kedua yang harus kita perhatikan. Narasumber yang terlibat dalam sebuah dialog umumnya telah dianggap pakar dan ahli di bidangnya. Maka dari itu kita harus mengetahui dengan jelas siapa yang menjadi narasumber didalam dialog tersebut.
  3. Pendapat : Pendapat merupakan sebuah opini yang dikeluarkan oleh narasumber. Hal ini juga sangat penting karena pendapat dari narasumber dapat merujuk menuju ke kesimpulan dialog tersebut.
  4. Kesimpulan : Kesimpulan dialog interaktif merupakan inti dari pembicaraan yang telah dilakukan.

Cara Mengomentari Pendapat Narasumber Dalam Dialog Interaktif

Memberikan komentar pada dialog interaktif merupakan peran dari penonton, Dalam menyampaikan komentar terhadap pendapat narasumber harus dilakukan secara sopan dan tidak menjatuhkan atau memojokkan (ofensive). Adapun hal hal yang harus diperhatikan dalam memberikan komentar adalah sebagai berikut:
  1. Komentar yang disampaikan haruslah bersifat objektif dengan tidak memihak kepada salah satu pihak (peserta maupun narasumber).
  2. Komentar yang disampaikan disertai dengan fakta fakta yang akurat.
  3. Hal yang menjadi pokok komentator meliputi tema dialog, penting atau tidaknya dialog, Kemampuan narasumber menyampaikan materi, benar atau salahnya tanggapan narasumber.

Cara Menyimpulkan Isi Dialog Interaktif

Dalam sebuah dialog baik yang bersifat langsung maupun interaktif tentunya mengandung kesimpulan yang dapat dipelajari dan diambil manfatnya oleh orang banyak. Lalu bagaimana cara menyimpulkan isi dialog interaktif terkait dengan tema tertentu?
Baca juga: 6 Contoh Teks Tantangan Singkat Tentang Sampah, Pendidikan, Teknologi, Beserta Strukturnya
Fokus terhadap dialog yang tengah diperhatikan dan jangan sampai perhatian kita teralihkan pada hal lain yang sekiranya tidak penting. Hal ini dikarenakan jika kita melewatkan satu bagian dari dialog maka secara tidak langsung kita akan kehilangan poin poin penting dan tidak akan mendapatkan informasi secara utuh.

Dalam menyimpulkan dialog ini kita juga harus tetap memperhatikan unsur unsur dialog interaktif yakni unsur 5W1H. Dengan begitu kita akan dapat mengumpulkan informasi terkait siapa yang terlibat dalam dialog, apa yang sedang diperbincangkan, kapan dan dimana dialog tersebut diadakan, dan bagaimana alur atau jalannya dialog.

Contoh Dialog Interaktif di Tv Singkat

Acara Tv : Selamat Pagi Indonesia.
Stasiun Tv Penayang : TV One.
Tanggal/Hari : Jumat, 23 Mei 2017
Waktu : 07.00 WIB

Percakapan Dialog : 
Host : Pak Jammal, sebagai seorang psikologi yang dibilang ahli, bagaimana menurut bapak untuk menyikapi permasalahan kenakalan remaja yang saat ini marak terjadi khususnya remaja yang tergabung dalam kawanan geng motor yang saat ini banyak meresahkan masyarakat?

Narasumber : Sejatinya, Masa remaja merupakan masa dimana seseorang mencari jati dirinya. Setiap remaja didunia ini merasa ingin diakui baik di lingkungan masyarakat ataupun lingkungan pergaulannya. Katakanlah Jika lingkungan tersebut baik, tentunya remaja yang terdapat didalam lingkungan itu akan ikut baik juga. Jika lingkungan dimana remaja itu membaur buruk maka remaja itupun juga akan buruk. Geng motor pada dasarnya memang lingkungan yang buruk untuk bersosialisasi.

Host : Menurut bapak, mengapa remaja kebanyakan bisa tergelincir masuk kedalam lingkungan buruk tersebut?

Narasumber : Pada dasarnya terdapat berbagai faktor remaja dapat tergelincir masuk ke pergaulan yang salah. Salah satunya adalah faktor keluarga yang kurang mendukung. Sekarang ini banyak orang tua tidak memberikan pendidikan moral yang baik pada anaknya. Malah lebih buruk lg, ada beberapa orang tua yang memang sengaja tidak mengurus moral anaknya.

Host : Selain itu apakah ada faktor faktor penentu yang lain?

Narasumber : Faktor lain yang menjadi penyebab kenakalan remaja adalah sekolah yang tidak memberikan partisipasi aktif terhadap pengembangan kualitas moral dan kualitas siswa itu sendiri. Sekolah seharusnya menjadi tempat atau wadah siswa untuk berkarya dan bersosialisasi secara baik dengan tujuan mengembangkan kreativitas siswa.

Host : Adakah peran penting lainnya selain orang tua dan sekolah yang menyikapi masalah ini?

Narasumber : Pada dasarnya baik orang tua maupun sekolah memiliki peran yang sama pentingnya untuk mencegah kenakalan remaja. Orang tua haruslah menanamkan moral pada anaknya ketika berada dirumah dan pendidik di sekolah mengolah dan mengembangkan moral siswa hingga siswa tersebut menemukan jati diri dan kualitas dirinya.

Contoh dialog interaktif pada dasarnya dapat anda temukan di tv maupun radio dengna sangat mudah. Itulah materi tentang Dialog Interaktif: Pengertian, Unsur Unsur, dan Contoh Dialog Interaktif yang dapat saya sampaikan kali ini terimakasih.

Ikuti kami untuk mendapatkan materi terbaru:

0 Response to "Dialog Interaktif: Pengertian, Unsur Unsur, dan Contoh Dialog Interaktif"

Post a Comment

Yuk berikan komentarmu tentang artikel ini